Resources

13 April, 2008

PEMBENTUKAN KONSEP PERBANDINGAN TRIGONOMETRI MELALUI


PEMBENTUKAN KONSEP PERBANDINGAN TRIGONOMETRI MELALUI
MASALAH REAL
Oleh: Andi Rusdi*


ABSTRAK

Penanaman konsep kepada siswa sangatlah tidak mudah apalagi jika materi yang diberikan memerlukan pemahaman yang lebih tinggi, kendala tersebut menyebabkan banyak guru yang mengambil jalan pintas dengan memberikan istilah-istilah yang menjadi titian ingatan agar siswa bisa memahami dengan cepat apa yang disajikan oleh guru, tapi terkadang titian ingatan yang diberikan guru tersebut tidaklah menjadi suatu hal yang baik karena siswa hanya menghafal tanpa tahu makna apa yang terkandung di dalamnya. Hal ini terjadi pada pembentukan konsep perbandingan trigonometri, dengan pemberian istilah Sidemi, Cosami, dan tandesa. Istilah-istilah ini menjadi suatu hal yang bisa menimbulkan masalah jika menghadapi masalah-masalah yang lebih rumit.
Beberapa langkah yang perlu diperhatikan dalam membantu siswa membentuk konsep perbandingan trigonometri, antara lain: (1) Pastikan prasyarat yaitu proyeksi, sudut dan sifat kesebangunan segitiga telah dikuasai siswa, (2) Berikan masalah nyata, yakni yang berkaitan dengan prasyarat tersebut, (3) Beri kesempatan kepada siswa untuk menemukan kembali konsep dengan strateginya sendiri, (4) Adakan interaksi antara siswa dengan guru, siswa dan perangkat pembelajaran dan (5) Siswa dilatih mempertanggung jawabkan konsep yang dibangunnya.

Kata kunci: Pembentukan, Konsep, trigonometri, masalah real ... download

0 comments: