Resources

08 Mei, 2009

Permandian Lejja Soppeng

anrus-math

PIC_0023

Pemandian Air Panas Lejja merupakan salah satu objek wisata andalan yang banyak dikunjungi oleh wisatawan domestik dan manca negara, suatu panorama yang menjanjikan bagi pelancong (sebut wisatawan domestik) yang ingin menikmati pemandian air panas. Objek wisata ini ramai dikunjungi pada tiap akhir pekan, bahkan sangat padat pengunjung jika liburan tiba.

Pemandian ini berada dalam kawasan hutan lindung yang berbukit dengan panorama alam yang indah, sejuk, nyaman di Desa BuluE, Kecamatan Marioriawa, sekitar 44 km sebelah utara Kota yang dapat menyembuhkan penyakit rematik dan gatal-gatal.

Untuk mencapai tempat ini, anda harus melewati jalan-jalan yang berliku dan terjal, jika Anda ingin menikmati perjalanan, alangkah baiknya Anda menggunakan kendaraan bermotor, karena Anda dengan santai dapat menikmati alam sekitar, jika anda menggunakan kendaraan beroda empat, pastikan kendaraan anda remnya mantap, karena jalanan sangat terjal.



Obyek wisata ini dilengkapi sarana dan prasarana yang memadai seperti air bersih, listrik, areal parkir, jalan beraspal, guest House, Kolam berendam, lapangan tenis dan baruga wisata untuk pertemuan dengan daya tampung 300 orang.

Tempat Parkir:

Lejjalejja

Tempat parkir ini digunakan jika Anda ingin berjalan-jalan santai menuju ke tempat permandian, tetapi jika Anda ingin langsung menuju ke tempat permandian kendaraan anda dapat masuk sampai di tempat parkir dekat kolam, tapi Anda harus waspada karena jalan menuju kesana sangat sempit.

Baruga:

lejjalejja

Baruga ini dapat digunakan sebagai tempat rapat-rapat dan pertemuan yang dapat memuat sekitar 300 orang, dengan suasana kesejukan alam.

Kolam Renang:

lejjalejja

lejjalejja

Kolam permandian terdiri dari kolam kolam (1): kolam ini airnya sangat panas, hati-hati karena telur kalau dicelupkan ditempat ini bisa setengah matang.
Kolam (2): tempat ini diperuntukkan untuk anak-anak kecil, atau bagi yang anda tidak dapat berenang atau maaf ukuran standar, airnya agak hangat-hangat kukulah.
Kolam (3): kalau ini khusus orang dewasa yang kedalamannya sebatas leher orang dewasa, jadi hati-hati bagi anda yang tidak dapat berenang, tapi tidak usah hawatir dech, ada penyewaan pelampung.
Kolam (4): tempat ini khusus orang dewasa saja, airnya sudah normal tidak terlalu panas, tidak juga dingin.
Kolam (5): Berada di sebelah timur, tempat ini biasanya dipakai jika, waktu-waktu pengunjung banyak dilengkapi papan loncatan.

Fasilitas di sekitar Lejja:

lejja

lejjalejja

igat kalau Anda ke tempat ini, pertama-tama yang ada harus siapkan adalah tempat istirahat, untuk makan-makan, tempat ini dirancang agar jika terjadi hujan sebagai tempat berteduh, fasilitas lain adalah WC umum ada dua, tempat ganti pakaian dan mandi, ingat air di kolam panas loh..

Penginapan:

lejjalejja

Bagi anda yang ingin menikmati suasaana kesejukan permandian lejja disediakan pula tempat penginapan, yang dapat disewakan dengan sistem harian, tepat ini dilengkapi tempat tidur, ruang tamu, kamar mandi, mirip villa. jadi kalau anda membawa rombongan yang gede alangkah baiknya menyewa tempat ini saja.

Sumber Mata Air Panas Lejja:

lejjalejja

lejjalejja

Tidak afdhol rasanya kalau Anda tidak mengunjungi pusat keluarnya air panas, anda harus hati-hati jika memasuki tempat ini, karena batu-batunya licin, disamping itu airnya sangat panas..... Eh...eh...dekat pohon ada bergelantungan kaleng-kaleng yang diikat, konon kata orang yang percaya ada maknanya... apa yach... penasaran datang aja ke lejja..... Salam Soppenk

sumber Picture http://soppengkab.go.id//

0 comments: